Kamis, 02 Juli 2009

Ayam Betutu Bali


































Setiap daerah memiliki tradisi dan budaya yang berbeda dari daerah lainnya. Demikian pula halnya Bali. Bali yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata utama para wisatawan dalam negeri maupun manca negara, memiliki banyak sekali keunikan. Budayanya yang adi luhung telah menarik berbagai bangsa dari bermacam belahan dunia untuk datang mengunjunginya.





































Di Pasar-pasar tradisional di Bali, tidak sedikit kekhasan dalam cita rasa masakan yang cenderung menyajikan kelezatan cita rasa yang ditampilkan oleh bahan pokok makanan itu sendiri maupun bumbu yang dipergunakan untuk meracik makanan, Salah satunya adalah ayam betutu. Olahan ayam betutu memang cukup digemari warga bali pada umumnya.

















Di pasar-pasar tradisional, pasti terdapat pedagang yang menawarkan masakan berbahan dasar ayam bercita rasa khas ini. Di Pasar-pasar tradisional di Bali, tidak sedikit kekhasan dalam cita rasa masakan yang cenderung menyajikan kelezatan cita rasa yang ditampilkan oleh bahan pokok makanan itu sendiri maupun bumbu yang dipergunakan untuk meracik makanan, Salah satunya adalah ayam betutu.

















Olahan ayam betutu memang cukup digemari warga bali pada umumnya. Di pasar-pasar tradisional, pasti terdapat pedagang yang menawarkan masakan berbahan dasar ayam bercita rasa khas ini.























Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar.






















Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan/restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.

0 Comments: